Pentingnya Travel Insurance

 In Uncategorized

Jujur saja, setiap berpergian saya jarang memiliki Travel Insurance. Ada beberapa alasan yang mendasari saya sering mengabaikan travel insurance :

  1. Saya jarang sekali berpergian terlalu jauh, paling cuma negara-negara ASEAN.
  2. Biaya hidup negara yang saya kunjungi tidak terlalu mahal, yang artinya berbanding lurus dengan biaya kesehatannya.
  3. Saya jarang sekali sakit dan tidak pernah sekalipun dalam 23 tahun hidup saya singgah di rumah sakit untuk menjalani rawat inap.

Well, karena alasan-alasan itu saya merasa travel insurance tidak meet the price dengan kondisi saya. Lebih baik uangnya saya pakai untuk wisata kuliner atau bayar patungan hotel bintang 3 di Filiphina, Kamboja atau Negara-Negara sekitarnya. Tetapi alasan-alasan saya itu menjadi tidak relevan lagi secara seketika dan sekaligus ketika saya mengunjungi Kamboja pada bulan Agusutus lalu. Pesawat yang saya tumpangi kala itu cukup tua dan bergetar seperti odong-odong, lumayan bikin hati dag-dig-dug kalang kabut. Lalu ketika saya sedang berkeliling Angkor Wat menggunakan minivan ber-AC, saya melihat seorang wisatawan asal Korea Selatan jatuh dari tuk-tuk dan kepalanya bocor. Alamak. Lengkap sudah, saya pun berbulat tekad bersatu padu untuk membeli travel insurance untuk pengembaraan saya berikutnya. Terlebih tiba-tiba saja saya membeli tiket ke Jepang dan Hongkong dimana kedua negara itu di luar ASEAN dan biaya hidupnya tinggi (tentu saja biaya kesehatannya juga tinggi).

PENTINGNYA TRAVEL INSURANCE

Travel Insurance merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas resiko yang terjadi selama perjalanan anda atau rwentang waktu tertentu terkait dengan perjalanan anda. Resiko yang di-cover oleh Travel Insurance tidak hanya soal kesehatan saja, banyak resiko-resiko lain yang juga di-cover oleh asuransi perjalanan, antara lain :

  • Kecelakaan Diri
  • Bagasi dan Barang Milik Pribadi
  • Gangguan dan Pembatalan Penerbangan
  • Penggantian Biaya Pengobatan akibat Kecelakaan
  • Biaya Evakuasi Medis dan Pemulangan Jenazah
  • Keterlambatan Penerbangan
  • Layanan 24 jam untuk bantuan medis darurat
  • Penghentian Perjalanan
Recent Posts

Leave a Comment